Rabu, 30 Desember 2009

Yayasan Kesenian Batara Gowa Sulawesi Selatan

Senin, 04 Mei 2009

Andi Ummu Tunru Mendobrak Tradisi Istana Gowa


Rabu, 08 September 2004

Andi Ummu Tunru Mendobrak Tradisi Istana Gowa

(Kompas 08 september 2004)

http://64.203.71.11/kompas-cetak/0409/08/naper/1246892.htm

MENINGGALKAN istana kerajaan bukan keputusan mudah bagi seorang perempuan berusia 13 tahun. Tetapi, tekad untuk berkesenian dan mendalami dunia tari membuat Andi Ummu Tunru tak hirau. Dia mendobrak tradisi yang masih sangat kental dalam lingkungan Kerajaan Gowa di Sulawesi Selatan.

Terlahir sebagai seorang putri dalam lingkungan Kerajaan Gowa membuat Ummu terikat pada aturan untuk menjadi penari kerajaan. Sejak usia sembilan tahun, ia sudah diajar menari oleh beberapa anrong guru (empu/pakar) tari, terutama pakar tari Pakarena di Kerajaan Gowa.

Beruntung, ayah Ummu, yakni Andi Tunru Karaeng Kalluarrang, dan ibunya, Hj Andi Siti Humaya, sangat memahami keputusan Ummu. Ummu "dilepaskan" untuk mencari jati dirinya dan berguru ke tempat lain.

Sekeluar dari istana, Ummu mendatangi Andi Nurhani Sapada, Munasiah Najamuddin, Ida Joesoef Madjid, dan beberapa penari lainnya. Selain itu, dia juga mempelajari naskah-naskah tari dan kebudayaan tradisional dari berbagai daerah di Sulsel.

Tujuannya, untuk menggali dan mengembangkan tari-tari daerah Sulsel sekaligus mengasah kemampuannya. Tak puas hanya di satu sanggar seni, Ummu bergabung dengan beberapa kelompok kesenian tradisi dari berbagai daerah di Sulsel.

Di usia 17 tahun atau empat tahun sekeluarnya dari istana, Ummu kembali "berulah". Saat itu tahun 1968, dibantu keluarganya yang juga masih kerabat kerajaan, yakni Andi Tjonneng Mallombassang, ia mendirikan sanggar seni Batara Gowa.

Kerabat kerajaan "tertampar" karena di sanggar itu Ummu menerima anggota dari berbagai latar belakang. Semua orang di sanggar ini juga punya hak sama mempelajari kesenian apa pun, tari apa pun, termasuk tari Pakarena. Padahal, hanya kerabat atau penari kerajaan yang boleh membawakan tari Pakarena-roh dari tari-tarian yang ada Sulsel. Tari ini hanya boleh dibawakan dalam acara-acara kerajaan.

"Memang keluarga besar saya atau keluarga besar kekerabatan Raja Gowa tidak secara terang-terangan memprotes. Tapi saya tahu betul bahwa segala yang saya lakukan bertentangan dengan kebiasaan atau tradisi yang berlaku," kata Ummu. "Saya hanya ingin menegaskan bahwa kesenian itu tidak memandang latar belakang orang, dan kesenian itu adalah sesuatu yang pantas diketahui, dipelajari, dan didalami oleh siapa pun."

UMMU mengakui, semua yang dilakukannya dan pandangan miring kalangan kerajaan terhadap penari di luar istana membuatnya berada dalam situasi serba sulit. Ini membuatnya makin berhati-hati melangkah.

"Saya jadi bertekad untuk menunjukkan kepada keluarga besar saya bahwa pandangan mereka itu salah. Saya pun ingin menunjukkan bahwa pilihan saya tidak salah. Saya mau membuka mata mereka bahwa saya bisa hidup dan tidak kehilangan harga diri, dengan berkesenian. Saya mau mereka melihat bahwa saya bisa tetap bersikap sebagaimana putra-putri yang lahir dalam lingkungan kerajaan, menjaga nama baik keluarga, di mana pun saya berada," kata ibu dari Andi Nurul Irna Ramadhani , Andi Muh. Redo Paewa , dan Andi Akbar ini.

Tekad dan usaha kerasnya serta pengertian suaminya, Basri B Sila, yang juga seorang komposer dan koreografer membuahkan hasil. Sejumlah tari ciptaan Ummu mendapat perhatian dan dibicarakan. Sebut saja tari Appalili (1974), Kondo Buleng (1979), Bunga Tonjong (1980), Gerhana Matahari (1985), PagaE (1987), Appakase’re (1990), I Yoro, Dendang Rebana (1992), Pakkarena Ma’lino (1998), Appalili II (2001), Kalli-Kalli, Maccule, Asse’re Kana, dan Na’nak (2002).

Tak hanya di Makassar atau daerah lain di Indonesia, Ummu juga kerap tampil di luar negeri. Ia pernah berkolaborasi dengan Eko Suprianto dan beberapa penari luar negeri, seperti di Jepang, Taiwan, Malaysia, dan Singapura. Tahun ini, Ummu menjadi master tari untuk pertunjukan teater tari I Lagaligo yang disutradarai Robert Wilson berkeliling Singapura, Belanda, Spanyol, Italia, Jerman, dan New York.

Semua itu akhirnya mengubah persepsi keluarga, utamanya kerabat kerajaan, tentang kesenian dan penari. Namun, di sebagian kalangan seniman dan orang-orang yang iri, Ummu pernah mendapat gelar sebagai penari pariwisata.

Memang seiring ketenarannya, Ummu dan Batara Gowa-nya teramat sering tampil di setiap pentas seni. Bahkan, di kalangan pengusaha hotel dan perjalanan wisata, sanggar seni Batara Gowa pun jadi langganan.

"Julukan sebagai penari pariwisata membuat saya sakit dan terpukul. Bagi saya, menari itu sudah menjadi jiwa dan sudah ada di kalbu. Makanya saya tidak pernah memilih-milih harus menari di mana atau di tempat seperti apa. Saya pernah menari di kampung yang penontonnya tidak banyak. Saya juga pernah berjalan kaki ke tempat pertunjukan karena mobil yang mengantar rusak. Tapi toh, itu tidak lantas membuat saya menari setengah hati. Saya tetap menari dengan baik sama seperti bila saya menari di panggung dan pentas tari bergengsi di luar negeri," tuturnya.

Bagi Ummu, penggambarannya pada tari seperti seseorang yang berkomunikasi dengan Tuhan-nya. "Tuhan kan tidak mengatur waktu dan tempat untuk berkomunikasi dengan Dia. Kita bisa berkomunikasi dengan Tuhan di mana pun kita berada dan dalam situasi apa pun," katanya.

Kiprah Ummu akhirnya memupus habis tudingan sebagai penari pariwisata. Apalagi di usianya yang sudah 54 tahun, ia tak berhenti berkarya dan tetap aktif menari. Ia turun langsung melatih anak-anak sanggar Batara Gowa dan menjadi kurator tari di beberapa pentas seni.

Orang akhirnya sadar bahwa Ummu memang menari dengan jiwanya dan ingin terus menari hingga betul-betul tak mampu menari lagi. (RENY SRI AYU TASLIM, Kompas)

Basri B. Sila (Daeng Bas)

Basri B Sila, yang biasa disapa Daeng Basri. Kiprahnya di kesenian dimulai sebagai pemusik tradisi dengan belajar dari Pak Rapo, seorang anrong guru (empu) Pakarena dan Ganrang di Gowa. Sebagai seorang penata musik dan tari, ia pernah mencantrik di Padepokan Bagong Kussudiharjo, Yogyakarta pada tahun 1983-1985 dan memberikan banyak kontribusi bagi pengembangan karya tari kreasi baru Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan. Sepulang dari sana, kepiawaiannya dalam menata musik dan tari ia tunjukkan dalam berbagai event baik di tingkat regional, nasional dan internasional. Ia pun termasuk yang mengembangkan musik iringan tari di Sulawesi Selatan. Karena itu pula ia mendapat sejumlah penghargaan dan sejumlah prestasi dari pemerintah maupun organisasi lain.

Nama : Basri B. Sila

Tempat/Tgl. Lahir : Gowa, 14 Mei 1953

Agama : Islam

Alamat : Jl. Tupai 10 No. 8 Makassar 90132

Telp : (0411) 874890, 08124200943

Email : bataragowa@hotmail.com

Pengalaman Organisasi :

· Ketua Komite Musik Dewan Kesenian Sulawesi Selatan 1999-2000

· Ketua Komite Musik Dewan Kesenian Sulawesi selatan 2000-2004

· Ketua Komite Musik Dewan Kesenian Makassar 2000-2001

· Ketua Komite Musik BKKI Sul-Sel 1999-2003

Pengalaman Berkesenian antara lain :

  • - Belajar Musik melalui Pak Rapo-anrong guru gandrang Maestro gendang di Kabupaten Gowa
  • - Mengikuti Pendidikan Kesenian di Padepokan Seni Bagong Kusudihardjo pada tahun 1983-1985
  • - Music Director untuk teater antara lain pada Festival Istiqlal-Jakarta (1999), Festival Teater Nasional-Solo(1992), Festival Pertunjukan Sastra Nasional-Jakarta (1998)
  • 1985 Pengajar pada Program Pengembangan Guru Kesenian, PPPG di Yogyakarta
  • 1988 Menjadi Instruktur Tari dan Musik Tradisional Sulawesi Selatan di Selangor, Malaysia
  • 1996 Penata Musik Terbaik pada Temu Teater Nasional di Bandung, Jawa barat
  • 1997 Mengikuti Program Indonesian art cultural exchange di Jepang, Malaysia, dan Singapore
  • 1998 Penata Musik Terbaik pada Festival Teater Sulawesi Selatan
  • 1998 Sebagai Peserta Pada Festival Cak Durasim I di Surabaya, Jawa Timur
  • 1998 Sebagai Peserta pada Gebuk Blitar, Jawa Timur
  • 1998 Sebagai Peserta pada Ghost and Spirit festival in tacheless, Berlin, Jerman
  • 1998 Sebagai Peserta pada Temu Musik Nasional di Solo, Jawa tengah
  • 1999 Sebagai Peserta Pada Festival Cak Durasim II di Surabaya, Jawa Timur
  • 1999 Sebagai Peserta pada Sharing Time di Tejakula, Bali
  • 2000 Penata Musik pada WIRID 2000 (Dari Makassar sambut Millenium) di Makassar
  • 2000 Penata Musik pada Getar Muharram Makassar
  • 2000 Sebagai Peserta pada Festival Kalimas II di Surabaya, Jawa Timur
  • 2001 Sebagai Peserta pada Festival Kalimas III di Surabaya, Jawa Timur
  • 2001 Sebagai Peserta pada Festival Gamelan di Yogyakarya
  • 2001 Sebagai Peserta pada Surabaya Full Music di Surabaya, Jawa Timur
  • 2002 Kolaborasi dengan Chi Body Theatre dari Taiwan di Akin and Amity di Makassar
  • 2003 Penata mUsik untuk Tari Naknak, koreografer A. Ummu Tunru di Solo Dance Festival, Jawa tengah
  • 2003 Penata Musik pada Pakarena reborn and Because of Umbrella Performance, Kolaborasi dengan Chi Body Theatre di Taichung dan Taipei, Taiwan
  • 2004 Penata Musik pada South Sulawesi Cultural Night di Nancy Expo Festival di Paris, Perancis
  • 2004-2008Musisi pada I La Galigo theatre performance, Sutradara Robert Wilson antara lain di Singapore, Madrid dan Barcelona-Spanyol, Lyon-Prancis, Ravenna-Italia, Amsterdam-Belanda, New York-USA, Melbourne-Australia, Taipei-Taiwan.
  • 2005 Penata Musik pada South Sulawesi Performance Night pada Easter Festival di Cape Town, Afrika Selatan
  • 2005 Menerima Celebes Award 2005 dari Gubernur Sulawesi Selatan
  • 2006 Penata Musik untuk Dance des Bissu, Sulawesi del Sud Mewakili Asia Tenggara pada 10th Festival DeL’Imaginaire of Maison Des Cultures du Monde ,France Ministery of Culture, di Paris dan Aureillac, Prancis.
  • 2006 Mengikuti World meditation Gathering di Surakarta, Jawa tengah
  • 2007 Mewakili Indonesia pada International Himalaya Meditation Centre di Risikesh, India
  • 2007 Mengikuti Solo International Ethnic Music Festival di Surakarta, Jawa tengah
  • 2007 Penata Musik pada Pentas Keliling Program Hibah seni Kelola di Surabaya, Yogyakarta, dan Bali

Karya Cipta Musik dan Tari antara lain :

Doleng-doleng, Loods (1987), Market (1988), Dumba I (1989), Badik (1989), Corak (1990), Dodeng (1995), Tirai (1995), Dumba II dan III (1996), Barzanji (1996)

Profile Andi Ummu Tunru (pendiri Batara Gowa)


Andi Ummu Tunru
Dance Master

Born in Makassar, South Sulawesi, Andi Ummu Tunru started dancing at age seven; by age nine, she was learning the Bugis-Makassar traditions from dance masters Andi Nurhadi Sapada, Ida Joesoef Majid, and Munasiah Nadjamuddin. Her experiences include performing in the Somba Opu Bahari Festival, Makassar (1995); the Makassar Dance Festival (1998); Cak Durasim Festival, Surabaya (1999); Performing Arts Festival, Surabaya (2000); and in Taipei with Chi Body Theater (2002). She has also choreographed and coordinated the art mission to Las Vegas, San Francisco, Los Angeles, Hawaii, and Taiwan for Travel Age West, PATA Chapter; the Mass Indonesian Dance, Makassar; and Nusantara Bersatu dance at the Indonesian Arts Meeting in Makassar. As director of Batara Gowa Dance Group, she has collaborated with artists from Indonesia and abroad and teaches traditional dances in several institutions, including Makassar Tourism Academy, and she is head of the Makassar Arts Council.

Berikut ini merupakan profile singkat dari Andi Ummu Tunru, pendiri Yayasan Kesenian Batara Gowa. Putri dari pasangan Andi Bau Tunru Krg. Kaluarrang dan Hj. Andi Humaya Tunru Petta Pudji.

Istri dari Seniman Musik asal Sulawesi Selatan Basri B. Sila yang akrab disapa dengan nama Daeng Bas.

Nama : Andi Ummu Tunru

Tempat/Tgl. Lahir : Makassar 25 September 1951


Alamat : Jl. Tupai 10 No. 8 Makassar 90132

Telp : (+62)411 874890,

(+62)411 5786292,

(+62) 85696 254 354

Email : bataragowa@hotmail.com

Studio : Baruga Kaluarrang, Jl. Dg. Tata III/2 Makassar

Pengalaman Organisasi :

· Ketua Dewan Kesenian Sulawesi Selatan

· Ketua Yayasan Kesenian Batara Gowa

· Departemen tari Dewan Kesenian Makassar

· Bidang Lit.Bang di Badan Pengembangan dan Promosi Pariwisata Makassar

Pengalaman Berkesenian antara lain :

  • - Menari Sejak Umur 6 (enam) tahun dilatih oleh seorang guru kesenian di SD. Canisius Yogyakarta
  • - Belajar Menari bersama keluarga dari Gowa dan dilatih oleh Ny. Munasiah Nadjamuddin dan Seorang Guru tari dari Sumatera
  • - Belajar tari Pakarena pada beberapa anrong guru Pakarena
  • 1970-Sekarang Memimpin Lembaga Kesenian Batara Gowa
  • 1981-1982 Sebagai Kordinator dan Pelatih tari acara Kesenian pada event Travel Age West, PATA Chapter di Las Vegas,san Fransisco, Los Angeles-USA, Hawai, dan Taiwan
  • 1995 Melatih Team Kesenian Dharma wanita Kota Makassar untuk program kunjungan ke Jepang
  • 1995 Mengikuti Program Indonesian art cultural exchange di Jepang, Malaysia, dan Singapore
  • 1996 Memberi workshop pada event sharing Time International di Tejakula Bali
  • 1999 Kolaborasi bersama Eko Supriyanto di Makassar Arts forum
  • 2002 Menata Tari Massal “Nusantara Bersatu” pada acara Temu Budaya Nusantara di Makassar
  • 2003 Mengikuti Solo Dance Festival, Jawa tengah

  • 2003 Penata Musik pada Pakarena reborn and Because of Umbrella Performance, Kolaborasi dengan Chi Body Theatre dan mempromosikan budaya Sulawesi Selatan di Taichung dan Taipei, Taiwan
  • 2003 Menata Tari massal “Pesona Nusantara”
  • 2004-2008 Sebagai Consultant Choreography dan Dance Master pada I La Galigo theatre performance, Sutradara Robert Wilson antara lain di Singapore, Madrid dan Barcelona-Spanyol, Lyon-Prancis, Ravenna-Italia, Amsterdam-Belanda, New York-USA, Melbourne-Australia, Taiwan.
  • 2005 Koreografer pada South Sulawesi Performance Night pada Easter Festival di Cape Town, Afrika Selatan
  • 2003 Menerima Celebes Award 2003 dari Gubernur Sulawesi Selatan
  • 2006 Manager Produksi untuk Dance des Bissu, Sulawesi del Sud Mewakili Asia Tenggara pada 10th Festival DeL’Imaginaire of Maison Des Cultures du Monde ,France Ministery of Culture, di Paris Dan Aureillac, Prancis.
  • 2006 Diutus oleh Pemerintah daerah Makassar melatih tari selama sebulan di Guangzhou, China
  • 2007 Mewakili Indonesia pada International Himalaya Meditation Centre di Risikesh, India
  • 2007 Mengikuti Solo International Ethnic Music Festival di Surakarta, Jawa tengah
  • 2007 Koreografer pada Pentas Keliling Program Hibah seni Kelola di Surabaya, Yogyakarta, dan Bali
  • 2008 Memberi workshop pada International Taipei Art Festival, Taiwan
  • 2008 Menata drama tari "Sultan Alauddin: Sejarah Masuknya Islam di Sulawesi Selatan" pada acara pembukaan Temu Alumni Internasional ESQ

KaryaTari antara lain : Naknak, Pajoge Macenning, Kondobuleng, Sabulang, Sawerigading, Julukana (dipentaskan pada kunjungan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono)

Rabu, 29 April 2009

Baruga Kaluarrang



Studio latihan milik Yayasan Kesenian Batara Gowa ini beralamat di Jalan Dg. Tata III/2 Makassar.

Ditempat inilah para anggota mengasah ilmunya di bidang seni tari, seni musik, dan teater.

BARUGA KALUARRANG

JL. DG. TATA III/2 MAKASSAR

PHONE: +62411-874890
+62856 96 254 354

Selasa, 28 April 2009

Sekilas tentang Yayasan Kesenian Batara Gowa


Yayasan Kesenian Batara Gowa merupakan yayasan yang bergerak di bidang seni, khususnya seni tradisi Sulawesi Selatan.

Didirikan oleh Andi Ummu Tunru seorang seniman tari dari Sulawesi Selatan pada tahun 1968 di Makassar.

Program utama yayasan kesenian ini adalah tari tradisional, tari kontemporer, musik kontemporer, dan etnomusikologi. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan adalah pertunjukan seni, penelitian, serta pelatihan tari untuk anak-anak dan remaja.


YAYASAN KESENIAN BATARA GOWA

JL. TUPAI 10 NO. 08 MAKASSAR 90132, SULAWESI SELATAN. INDONESIA

email: bataragowa@hotmail.com

phone: +62856 96 254 354
+62411 874 890
+62411 578 6292

1 komentar:

  1. kalau di jakarta dimana yah tempatnya? soalnya mau sewa pakaian tari 4 etnis dan gandrang bulo.
    makasih

    BalasHapus