Senin, 28 Desember 2009

ARTIFAK BUDAYA TRADISIONAL SULAWESI SELATAN

TARIAN

Tarian adalah ekspresi jiwa dalam bentuk gerak yang biasanya dipadu dengan alunan musik. Tarian terkait pula dengan momen, dapat melukiskan tentang suatu peristiwa: perang, suasana duka, penghormatan pada raja, atau pengejawantahan sebuah norma, misalnya seperti pengabdian seorang perempuan dalam budaya Jawa.

Perkembangan tari di Indonesia berhubungan erat dengan perkembangan masyarakat. James R. Brandon (1967) membagi perkembangan pertunjukan di Asia Tenggara dapat dibagi menjadi 4 periode yaitu:

1. Periode pra-sejarah, sekitar 2500SM-100M.
2. Periode masuknya kebudayaan India, 100-1000.
3. Periode masuknya pengaruh Islam, 1300-1750.
4. Periode masuknya negara barat, 1750-akhir perang dunia ke-2.

Perkembangan masyarakat dan keseniannya tidak merupakan perkembangan yang terputus satu sama lain, melainkan saling berkesinambungan dan tidak terputus.

TARIAN DARI PROPINSI SULAWESI SELATAN
Tari Ganrang Bulo
Tari Pakkuru Sumanga Makassar
Tari Sirih Pinang Toraja
Tari Ma'randing Toraja Sulawesi Selatan
Tari Ma'gellu Toraja Sulawesi Selatan
Tari Pakarena Makasar
Tari Patenung Toraj
ALAT MUSIK

Indonesia adalah merupakan sebuah gugus pulau yang terhampar luar, dari Sabang hingga Merauke. Wilayah yang sangat luas ditambah adanya faktor laut dan gunung, yang cenderung mengurangi interaksi antar daerah tersebut, mengakibatkan lahirnya variasi budaya yang luar bisa, termaksud seni musik tradisional. Seni tradisi yang merupakan identitas, jati diri, media ekspresi dari masyarakat pendukungnya. Hampir seluruh wilayah memiliki seni musik tradisional yang khas. Keunikan tersebut bisa dilihat dari teknik permainannya, penyajiannya maupun bentuk/organologi instrumen musiknya. Untuk lebih mudah mengenalinya, ia dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yaitu:

Instrumen Musik Perkusi

Perkusi adalah sebutan bagi semua instrumen musik yang teknik permainannya di pukul, (baik menggunakan tangan ataupun stik). Instrumen musik ini antara lain: Gamelan, Arumba, Kendang, kolintang, tifa, talempong, rebana, bedug, jimbe dan lain sebagainya.

Instrumen Musik Petik

Instrumen musik ini antara lain: Kecapi, Sasando, Sampek dan lain sebagainya.

Instrumen Musik Gesek

Instrumen musik ini antara lain adalah Rebab.

Instrumen Musik Tiup

Instrumen Musik Tiup antara lain: Suling, Tarompet, Serompet, Selompret, dan lain sebagainya.

ALAT MUSIK PROPINSI SULAWESI SELATAN
Ganrang Bulo
Puipui

MUSIK DAN LAGU

Musik dan lagu merupakan ekspresi perasaan manusia, baik dari sisi pembuat lagu maupun penikmat dari musik tersebut. Syair dan melodi/irama daru karya musik dapat mengungkap suatu peristiwa, karakter kolektif dari masyarakat, hingga proses akulturasi yang melatar belakanginya.

Pohon Filomemetika dari beberapa lagu tradisional Indonesia dari berbagai daerah.
Pohon Filomemetika dari beberapa lagu tradisional Indonesia dari berbagai daerah.

Diversitas Lagu Indonesia

Tiap suku dan identitas kolektif dari mereka yang tinggal di kepulauan Indonesia tentu memiliki lagu yang lahir dari interaksi sosial terkait tempat tinggal dan latar belakang suku yang menyertainya. Musik merupakan ekspresi jiwa dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal nada yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Alunan nada seperti apakah yang disukai oleh orang Toraja? Apakah lagu yang menurut orang-orang di Jawa Barat indah dekat dengan lagu-lagu dari Jawa Tengah? Seberapa berbeda lagu Apuse dengan Ati Raja? Sepertihalnya desain arsitektur dan motif, hubungan ini juga dapat dikaji dengan menggunakan konsep Pohon Filomemetika. Sebuah aplikasi filomemetika musik yang disertai preview dari masing-masing lagu dapat diakses di sini.

Data Lagu Tradisional

Berikut adalah data lagu-lagu dalam kontribusi para Sahabat Budaya IACI seperti anda. Data ini diharapkan terus ditambah dengan partisipasi anda untuk ikut memotret secara digital lagu tradisional yang anda temukan dan ketahui merupakan bagian dari tradisi budaya kepulauan Indonesia. Silakan ikuti Ketentuan Memuat Data dan Instruksi Tambah Data dan segera upload lagu atau musik yang anda rasa perlu memperkaya basis data kita sebagai bangsa Indonesia. Data anda bisa dalam format .ogg, .mp3, ataupun .mid.

LAGU DARI KAWASAN SULAWESI SELATAN

Ati Raja
Pakarena
Indologo
Anak Kukang
Tondok Kadadiangku
Ammac Ciang

PAKAIAN TRADISIONAL

Kategori ini dibuat untuk menghimpun dan mengkaji penggunaan artefak-artefak budaya tertentu yang terartikulasi pada produk sandang manusia yang berkembang di Indonesia. Keberadaan pakaian yang tidak dapat dilepaskan dari perkembangan masyarakat, misalnya sebagai atribut status sosial, dengan sendirinya menjadikan artefak ini kaya inspirasi dan tentunya, informasi, akan Kebudayaan Indonesia.


Baju Bodo
Lipa Sabbe
Songkok Guru
SENI PERTUNJUKAN

Seni Pertunjukan, kami artikan sebagai bentuk kompak artikulasi berkesenian manusia Indonesia yang disajikan dalam format "pementasan". Kategori ini diperlukan karena seringkali artefak kebudayaan spesifik yang kita kenal dalam bentuk tarian, nyanyian, ornamen, dsb merupakan bagian utuh dari suatu pentas pertunjukan. Seni pertunjukan (performance art) adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Seni performance biasanya melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton.
Meskipun seni performance bisa juga dikatakan termasuk di dalamnya kegiatan-kegiatan seni mainstream seperti teater, tari, musik dan sirkus, tapi biasanya kegiatan-kegiatan seni tersebut pada umumnya lebih dikenal dengan istilah 'seni pertunjukan' (performing arts). Seni performance adalah istilah yang biasanya mengacu pada seni konseptual atau avant garde yang tumbuh dari seni rupa dan kini mulai beralih ke arah seni kontemporer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar